Kadis Pendidikan Kota Mojokerto: Kami Ingin Mendapatkan Solusi dari BSNP untuk Pelaksanaan USBN Berbasis Komputer

Meskipun ada pembagian kewenangan antara Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam pengelolaan pendidikan, koordinasi dan kerja sama antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, harus tetap ada. Salah satu bentuk koordinasi dan kerja sama tersebut adalah dalam persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).  BSNP sebagai lembaga independen yang menetapkan POS USBN, selalu terbuka terhadap keluhan dan masukan dari lapangan yang terkait dengan pelaksanaan USBN.

Demikian catatan penting dari audiensi antara BSNP dan rombongan dari Dinas Pendidikan dan Komisi III DPRD Kota Mojokerto Jawa Timur, di ruang sidang BSNP pada hari Sabtu (7/4/2018). Diantara anggota rombongan yang turut berdialog dengan anggota BSNP adalah Suliyat Ketua Komisi III DPRD, M. Cholid  Virdaus Wakil Ketua Komisi III DPRD, Novi Rahardjo Kepala Dinas Pendidikan, Agus Triyatno Kasubag Humas dan Tata Usaha Sekretariat DPRD, Miftah, dan Suyono. Adapun perwakilan dari Direktorat Pembinaan SD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah Susanti Sutyadi Subdit Kurikulum.

Anggota BSNP berpose bersama Ketua Komisi III DPRD dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto setelah berdialog tentang persiapan pelaksanaan USBN.

Dalam penjelasannya, Novi Rahardjo Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto mengatakan bahwa tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mencari solusi terhadap kendala teknis distribusi kunci jawaban USBN jenjang SD yang dilaksanakan dengan berbasis komputer di Kota Mojokerto.

“Tujuan kami beraudiensi dengan BSNP adalah untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang kami hadapi dalam pelaksanaan USBN tahun 2018 di Kota Mojokerto. USBN di Mojokerto dilaksanakan dengan berbasis komputer. Sistem aplikasi komputer memerlukan soal dan kunci jawaban USBN. Namun kunci jawaban tersebut baru akan diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi ke Dinas Kota Mojokerto setelah USBN selesai dilaksanakan, sementara untuk kepentingan aplikasi, kunci jawaban diperlukan sebelum pelaksanaan USBN”, ucap Novi setelah memperkenalkan anggota rombongan yang hadir.

Soal USBN SD untuk  Kota Mojokerto, tambah Novi, disusun oleh tim yang dibentuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Ada tiga orang guru dari Kota Mojokerto yang dilibatkan dalam penyusunan soal. Kebijakan ini berlaku bagi seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur kecuali tiga kabupaten/kota, yaitu Surabaya, Jombang, dan Sidoarjo.

Lebih lanjut Novi mengatakan melalui USBN berbasis komputer ini, kami ingin hasilnya bisa segera diketahui oleh peserta didik. Namun jika kami tidak bisa mendapatkan kunci jawaban sebelum pelaksanaan USBN, maka rencana kami tersebut akan sulit terwujud.

“Kami ingin cepat, tapi malah jadi lambat”, ucap Novi seraya menambahkan agar BSNP memberikan solusi terhadap masalah ini.

Berdasarkan POS USBN, penyusunan soal USBN SD/MI menjadi kewenangan guru-guru yang dikonsolidasikan oleh KKG dan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Tetapi, kondisi di Jawa Timur sedikit berbeda, soal USBN SD/MI dikoordinir Dinas Pendidikan Provinsi.

“Jika sistem aplikasi USBN berbasis komputer di Kota Mojokerto memerlukan soal dan kunci jawaban pada waktu yang bersamaan, maka dengan prinsip saling percaya dan tetap memegang integritas dalam pelaksanaan ujian, kunci jawaban tersebut dapat diberikan sebelum pelaksanaan USBN”, ucap Bambang Suryadi Ketua BSNP yang memimpin dialog di Cipete. 

Sebagai solusi, BSNP meminta Direktorat Pembinaan SD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadi mediator antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. Intinya, pelaksaan USBN dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sebagaimana ditetapkan dalam POS USBN. Dalam hal, soal USBN masih dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Provinsi, perlu ada sikap saling percaya, kerjasama dan menjaga integritas dalam pelaksanaan USBN. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *