Mendikbud Perpanjang Masa Bakti Keanggotaan BSNP Sampai Mei 2019

Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memperpanjang masa bakti anggota BSNP periode 2014-2018 sampai tanggal 31 Mei 2019. Perpanjangan masa bakti tersebut ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 235/P/2018 tentang Perpanjangan Masa Bakti Keanggotaan BSNP Periode Tahun 2014-2018 yang ditandatangani pada tanggal 29 Agustus 2018.

Sebagaimana tertulis di dalam SK tersebut, yang menjadi pertimbangan Mendikbud untuk memperpanjang masa bakti BSNP adalah bahwa dengan belum adanya pengangkatan anggota baru BSNP, perlu memperpanjang anggota BSNP yang diangkat dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 220/P/2014 tentang Pengangkatan Anggota BSNP Periode Tahun 2014-2018.

Foto Anggota BSNP 2014-2018

Sebagaimana kita ketahui bersama, masa bakti anggota BSNP periode 2014-2018 berakhir pada tanggal 6 Agustus 2018.  Menjelang berakhirnya  masa bakti tersebut, pada tanggal 2 Agustus 2018 BSNP telah menyampaikan surat dengan nomor 0098/SREK/BSNP/VIII/2018 kepada Mendikbud untuk mendapatkan arahan lebih lanjut terkait dengan penyelesaian program kerja dan tugas yang sudah dirancang selama satu tahun ini.

Meskipun Keputusan Mendikbud tersebut tidak menyebutkan nama anggota BSNP, anggota BSNP yang diperpanjang masa baktinya ada 10 orang, yaitu Zainal A. Hasibuan, Zaki Su’ud, Teuku Ramli Zakaria, Nanang Arif Guntoro, Djoko Luknanto, Ipung Yuwono, Kiki Yuliati, Khomsiyah,  R. Titi Savitri Prihatiningsih, dan Bambang Suryadi. Sementara itu, Erika Budiarti Laconi sejak Februari 2018 mendapat amanat baru sebagai Wakil Rektor IPB, sehingga yang bersangkutan mengundurkan diri dari keanggotaan BSNP.

Dengan adanya Keputusan Mendikbud tersebut, anggota BSNP dituntut untuk menuntaskan program kerja dan tugas-tugas yang sudah dirancang. Ada empat tugas besar BSNP yang terkait dengan pengembangan dan evaluasi standar, penyelenggaraan ujian  nasional, penilaian buku teks pelajaran, dan manajemen internal BSNP.

Optimalisasi sumber daya yang ada mutlak dilakukan sehingga target tersebut dapat dipenuhi dan menjadi warisan (legacy) yang akan dikenang sepanjang masa. Komitmen kerja (task commitment) dan disiplin diri (self discipline), dedikasi, partisipasi, dan loyalitas merupakan kunci utama untuk bisa menuntaskan amanah dengan husnul khatimah.

Dalam waktu dekat, BSNP akan melakukan audiensi dengan Mendikbud untuk menyampaikan laporan kinerja selama satu periode dan program kerja yang sedang dan akan dilakukan sampai akhir masa bakti pada bulan Mei 2018. Progam kerja yang menjadi prioritas BSNP ke depan adalah finalisasi pengembangan standar nasional pendidikan (SNP) untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, lembaga kursus dan pelatihan, pendidikan kesetaraan, penyusunan buku tentang pendidikan berbasis standar, penilaian buku teks pelajaran, dan penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2019.

Selamat mengemban tugas dan amanat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *