Ujian Nasional Gelombang II Berjalan Lancar, Kendala Teknis Dapat Diatasi

Pada bulan Oktober ini dilaksanakan Ujian Nasional (UN) Gelombang II dengan moda Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jadwal pelaksanaan UN Gelombang II dirancang dengan dua pilihan waktu, pertama tanggal 10-12 Oktober 2017 dan kedua tanggal 13-15 Oktober 2017. Setiap Provinsi diberi kebebasan untuk memilih pilihan waktu yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing provinsi dan pilihan waktu tersebut disampaikan ke BSNP dan Puspendik.

UN Gelombang II diikuti oleh peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK Tahun Pelajaran (TP) 2016/2017 yang belum mengikuti UN pada bulan April 2017, peserta didik SMA/MA, SMK dan Paket C tahun pelajaran 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 yang belum memenuhi kriteria pencapaian kompetensi lulusan yang ditetapkan, dan peserta didik Program Paket B/Wustha dan Program Paket C TP 2016/2017 pada kelas akhir yang belum mengikuti UN atau belum mengikuti satu atau lebih mata ujian pada Ujian Nasional bulan April – Mei 2017.

Saat pelaksanaan UN Gelombang II BSNP melakukan pemantauan di beberapa provinsi untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan sesuai dengan POS. Khomsiyah, anggota BSNP memantau di provinsi Banten mengatakan pada hari pertama ujian, secara umum berjalan dengan lancar, meskipun ada kendala teknis.

“Pelaksanaan UN Gelombang II di Provinsi Banten berjalan dengan lancar, meskipun ada kendala teknis seperti pemberian token yang terlambat dari waktu yang ditetapkan. Namun masalah ini dapat diatasi, sehingga peserta tetap dapat mengikuti ujian”, ucap Khomsiyah.

Sementara Bambang Suryadi yang melakukan pemantauan di DKI mengatakan ada kerja sama yang baik antara pihak PKBM, SMK sebagai tempat ujian, dan Dinas Pendidikan sebagai penyelenggara.

 “Pelaksanaan UN Program Paket B dan C ditempatkan di satuan pendidikan formal, karena adanya keterbatasan infrastruktur yang dimiliki PKBM. Untuk Wilayah Jakarta Selatan, dilaksanakan di SMKN 28 dan SMKN 20”, ucapnya setelah melakukan pemantauan pada hari ketiga, Rabu (12/10/2017).

Selama pelaksanaan ujian, tambahnya, pihak Dinas Pendidikan DKI bersama para penilik dan pengelola PKBM juga hadir di satuan pendidikan untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar. Bahkan pihak SMKN 28 menyediakan sarapan pagi bagi peserta ujian.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *