PANSUS PENDIDIKAN DPD RI BERDIALOG DENGAN BSNP

100_5160bPanitia Khusus Pendidikan dari  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI mengadakan dialog dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) terkait dengan hasil Ujian Nasional di Papua Barat, Selasa (30/06/09).  Anggota DPD tersebut adalah  Drs. H. Wahidin Ismail anggota DPD Papua Barat dan Parlindungan Purba, SH anggota DPD Sumatera Utara. Turut hadir dalam acara tersebut empat wali murid dari Kabupaten Sorong Papua dan tiga orang staf DPD.  “Maksud kami beraudiensi dengan BSNP adalah untuk menyampaikan aspirasi  masyarakat Papua Barat  terkait dengan hasil UN di Kabupaten Sorong”, ungkap Wahidin Ismail seraya menjelaskan bahwa di Kabupaten Sorong, terjadi perbedaan yang mencolok pada kelulusan mata pelajaran tertentu, mata pelajaran Biologi anjlok sementara mata pelajaran lainnya bagus. Akibatnya anak tidak lulus dari satuan pendidikan.

Mungin Eddy Wibowo, Ketua BSNP menanggapi bahwa kasus tersebut  perlu dianalisa secara obyektif dan menyeluruh mengapa ada siswa yang nilainya rendah dalam mata pelajaran. Apakah disebabkan oleh  faktor murid, guru atau ada faktor lain?

 

Menurut  Djemari Mardapi, Koordinator UN, semua orang berharap mendapatkan nilai yang baik dalam semua mata pelajaran yang diujikan dalam UN. Namun ada  prinsip individual differences. ”Murid yang hebat dalam Matematika, belum tentu hebat dalam pelajaran lain”,  jelas Djemari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *