PEMILIHAN KETUA DAN SEKRETARIS BSNP Tahun 2012-2013

Graphic1 Muhammad Aman Wirakartakusumah Ketua BSNP (kanan) dan Richardus Eko Indrajit Sekretaris BSNP (kiri).

Salah satu keputusan rapat pleno BSNP tanggal 10 Januari 2012 adalah penetapan Ketua dan Sekretaris BSNP untuk tahun 2012. Sesuai dengan keputusan rapat, Ketua dan Sekretaris BSNP tahun 2012 adalah Muhammad AmanWirakartakusumah dan Richardus Eko Indrajit yang telah menjadi Ketua dan Sekretaris BSNP pada tahun 2011. Penetapan ini dilakukan secara mufakat, sebagai bukti betapa solid dan kuatnya keanggotaan BSNP yang menerapkan sistem kolegial dalam menjalankan tugas dan kewajiban.

Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 067/P/2009 tentang Pengangkatan Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan dan Penunjukan Kepala Sekretariat BadanStandar Nasional Pendidikan menyebutkan masa bakti anggota BSNP adalah 4 (empat) tahun. Dalam Bab II Pasal 3 ayat (2) dan (3) Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0010/P/BSNP/VII/2011 tentang Tata Kelola Badan Standar Nasional Pendidikan disebutkan bahwa Ketua dan Sekretaris dipilih dari dan oleh para anggota. Ketua dan Sekretaris memangku jabatannya selama 1 (satu) tahun dan sesudahnya dapat dipilih untk satu kali masa jabatan secara berurutan.

Pada periode kedua ini, kepemimpinan BSNP tahun pertama dipegang oleh Djemari Mardapi (Ketua) dan Edy Tri Baskoro (Sekretaris). Untuk tahun kedua dan ketiga dipegang oleh Muhammad Aman Wirakartakusumah (Ketua) dan Richardus Eko Indrajit (Sekretaris).

Muhammad Aman Wirakartakusumah ketika menyampaikan refleksi kepemimpinannya selama satu tahun yang lalu mengatakan karena keterbatasan waktu dari Ketua dan Sekretaris BSNP, selama satu tahun kepemimpinan 2011 ada beberapa program yang berjalan belum maksimal. Namun sifat kolegial dari anggota BSNP kendala tersebut dapat diatasi sehingga kegiatan BSNP dapat berjalan dengan baik.

Selamat menjalankan amanat dan menjaga kepercayaan dalam langkah perjuangan memajukan mutu pendidikan nasional. Semoga tahun ini dan tahun-tahun berikutnya BSNP dapat menjalankan seluruh program kerjanya dengan baik dan sukses. Amin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *