HARI PERTAMA UN, SOAL BAHASA INDONESIA ADA OPSI JAWABAN YANG SAMA

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP sederajat pada hari pertama, Senin, 9 Mei 2016, secara umum berjalan lancar, baik UN Berbasis Kertas maupun UN Berbasis Komputer. Khusus UNBK, pagi ini ada perubahan aplikasi, namun bisa diatasi, meskipun sebagian sekolah mengalami sedikit keterlambatan.

Terkait dengan soal ujian, yaitu Bahasa Indonesia, ada soal yang memiliki opsi jawaban yang sama. Di SMPN 1 Malang, sebagaimana disampaikan Lili Ermawati Kepala Sekolah kepada anggota BSNP, ada tujuh klien yang mengalami soal dengan opsi jawaban yang sama.

“Di salah satu ruang UNBK, ada tujuh anak yang mengaku mendapatkan soal Bahasa Indonesia dengan opsi jawaban yang sama”, ucap Lili menirukan laporan dari proktor sekolah.

Masalah opsi jawaban yang sama juga dilaporkan anggota BSNP yang melakukan pemantauan di provinsi lain. Di Solo Jawa Tengah, misalnya, Nanang Arif Guntoro anggota BSNP juga menemukan masalah serupa.

“Di SMP Bintang Laut Solo, ada opsi jawaban soal yang sama”, ungkapnya melalui pesan singkat di media sosial.

Erika B. Laconi anggota BSNP yang bertugas di Sumatera Selatan juga melaporkan hal yang sama.

Dalam hal ini, BSNP akan menyampaikan temuan ini ke Puspendik untuk ditindaklanjuti. Salah satu prinsip yang harus dipegang adalah prinsip keadilan (fairness) sehingga tidak ada siswa yang dirugikan.

Di provinsi lain yang menjadi sasaran pemantauan BSNP, tidak ada masalah dengan soal. Dari Medan, Zainal A. Hasibuan Ketua BSNP melaporkan soal Bahasa Indonesia tidak ada masalah.

“Yang menarik, untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa tidak ada yang complaint mengenai cakupan dan kedalaman soal. Semuanya sudah dibahas di kelas. Intinya siswa harus belajar”, tulisnya melalui pesan singkat seusai melakukan pemantauan di SMPN 2 Medan.

Semoga pada hari berikutnya, UN SMP sederajat berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Amin. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *