PENGUMUMAN KELULUSAN SMA/MA DAN SMK

Tidak Saatnya Corat Coret atau Konvoi

Hari ini, Sabtu, 7 Mei 2016, berdasarkan POS Ujian Nasional (UN) yang ditetapkan BSNP, adalah waktu pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan jenjang SMA/MA dan SMK sederajat.

Pengumuman kelulusan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan melalui rapat dewan guru. Semoga peserta didik kita tetap menjaga norma, etika, dan akhlak mulai dalam mengekspresikan rasa gembira mereka.

Sebagai pendidik, kita perlu mengantisipasi kebiasaan tidak baik di kalangan pelajar, yaitu merayakan kelulusan dengan corat coret baju seragam atau konvoi sepeda motor di jalan.

Bagaimana caranya? Pihak sekolah bisa meminta siswa untuk berpakain adat di seluruh Indonesia. Selain sebagai bentuk menanamkan cinta kekayaan budaya Indonesia, bisa dipastikan para pelajar tidak akan mencorat-coret pakaian adat untuk merayakan pengumuman. Dengan pakaian adat juga, para pelajar sulit melakukan konvoi sepeda motor di jalan raya.

Ingat, corat-coret seragam sekolah atau konvoi sepeda motor di jalan raya itu bukan sikap yang terpuji. Tetapi merupakan  sikap yang tercela dan membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Sebagai anak yang terpelajar, ungkapan kelulusan dapat diekspresikan dengan rasa syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada guru.

Ucapkan “alhamdulillah. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan ilmu pengetahuan. Ya Allah, jadikanlah ilmu yang telah saya pelajari bermanfaat di dunia dan akhirat”.

Selanjutnya, kirimkan pesan singkat kepada gurumu.”Terimakasih Bapak/Ibu guru yang telah mendidik dan membina ananda dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak/Ibu guru dengan pahala yang berlipat ganda. Doakan ananda  semoga ilmu yang Bapak/Ibu ajarkan bermanfaat”.

Selamat kepada putra putri Indonesia yang telah berprestasi dengan integritas tinggi. Semoga sukses selalu dalam meniti karir atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Amin. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *