PKBM MELATI: Satu-Satunya PKBM Terakreditasi di Kota Banjarmasin

Pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Program Paket C di Kota Banjarmasin dipusatkan di dua  tempat, yaitu SMAN 2 dan SMKN 1 di jalan Mulawarman.  UNPK dilaksanakan dari tanggal 4 sampai dengan 7 April 2016, dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dan diikuti 930 orang dari 15 PKBM dan satu pondok pesantren.

Dari 15 PKBM yang ada di Kota Banjarmasin, sampai berita ini ditulis, baru satu PKBM yang terakreditasi, yaitu PKBM Melati yang berlokasi di Banjar Timur.

“PKBM Melati merupakan satu-satunya PKBM yang terakreditasi di Kota Banjarmasin. Didirikan tahun 2007 dan baru terakreditasi oleh BAN PAUD PNF dengan status akreditasi C”, ungkap Hartini seraya menambahkan dari PKBM yang dikelolanya ada 83 orang peserta Program Paket C dan 33 orang peserta Program Paket B yanng  ikut ujian tahun ini.

Terkait dengan ujian satuan pendidikan kesetaraan, PKBM Melati telah melaksanakan pada bulan Februari 2016. Selain itu, juga ada ujian tingkat derajat kompetensi istilah untuk ujian semesteran pada pendidikan nonformal.

“Di PKBM Melati ada ujian tingkat satuan pendidikan dan ujian tingkat derajat kompetensi. Jika tidak, kami tidak boleh mendaftarkan peserta UNPK pada bulan Desember 2015. Adanya ujian inilah yang menjadi salah satu faktor diperolehnya akreditasi dari BAN PAUD PNF,” ucap Hartini.

Selain informasi dari pengelola PKBM, penulis juga melakukan cross check dengan peserta UNPK dan pihak Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin terkait dengan pelaksanaan ujian satuan pendidikan kesetaraan.  Kedua belah pihak menyatakan bahwa di PKBM tersebut dilaksanakan ujian tingkat satuan pendidikan dan ujian tingkat derajat kompetensi.

“Ada ujian tingkat derajat kompetensi dan tingkat satuan pendidikan kesetaraan”, ungkap Aldhani pegawai Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin yang menangani pendidikan masyarakat. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *