PLN KOTA BANJARMASIN DUKUNG PENUH UNBK DENGAN MENYEDIAKAN JENSET DI SEKOLAH

Banjarmasin–Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari pertama, Senin, 4/4/2016, berjalan lancar. Salah satu kunci utama adalah adanya supply daya listrik dari PLN sehingga tidak ada pemadaman listrik. Selain itu, sinkronisasi pada H-3 tidak ada masalah. Semua peserta UNBK hadir.

Dari hasil pengamatan penulis di SMKN 2 dan SMKN 4, Kota Banjarmasin, di setiap sekolah ada jenset dari PLN dan 3-4 orang petugas yang stand by selama UNBK berlangsung dari tanggal 4 sampai dengan 7 April 2016.

“Untuk SMKN 2, PLN menyediakan satu jenset besar dan tujuh jenset kecil”, ucap Kasmari seraya menambahkan untuk jenset besar disewa oleh PLN sedangkan jenset kecil milik PLN.

Sejak H-10, tambah Kasmari, PLN telah melakukan persiapan di jaringan dengan mengidentifikasi dan melakukan perbaikan pada titik-titik tertentu yang membuat listrik padam.

“Dari hasil pemeriksaan kami, ada belasan kabel  yang terurai karena tali layang-layang yang berpotensi membuat aliran listrik terganggu. Semuanya sudah diperbaiki sebelum UNBK. Meskipun pekerjaan ini merupakan pekerjaan rutin kami, namun menjelang UNBK, proses perbaikan kabel kami optimalkan”, jelas Kasmari yang sudah 32 tahun mengabdikan diri di PLN.

Sementara Hanif petugas PLN yang standby di SMKN 2 Banjarmasin mengatakan bahwa telah menjadi komitmen pimpinan PLN Kota Banjarmasin untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK.

“Ada 35 area wilayah kerja kami di Banjarmasin dan di setiap sekolah kami sediakan jenset sesuai dengan jumlah daya yang dibutuhkan”, ucapnya.

Pimpinan kami, tambah Hanif, bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada satuan pendidikan yang melaksanakan UNBK. Oleh karena itu, biaya penyediaan jenset tidak dibebankan kepada satuan pendidikan, tetapi ditanggung oleh PLN.

Penulis salut dan apresiatif terhadap kesigapan dan dedikasi para petugas PLN di kota Banjarmasin, khususnya yang bertugas di SMKN 2. Bukan hanya karena kerja keras mereka, ternyata mereka dengan tulus selama berada di sekolah selalu berdoa buat peserta didik.

“Doa kami untuk para siswa supaya bisa belajar dan mempersiapkan diri dengan tenang, mengerjakan soal dengan lancar, dan memperoleh hasil yang sangat baik”, ucap  Kasmari dari bidang Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN Kota Banjarmasin.

Di Kota Banjarmasin ada 16 SMK dan empat SMA pelaksana UNBK tahun 2016. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *