ZAINAL – BAMBANG TERPILIH KEMBALI SEBAGAI KETUA DAN SEKRETARIS BSNP

untitled

 Ketua dan Sekretaris BSNP bersama beberapa Anggota BSNP Periode 3

BSNP Jakarta–Salah satu agenda rapat pleno BSNP tanggal 21 Agustus 2015 adalah pemilihan Ketua dan Sekretaris BSNP untuk periode satu tahun ke depan. Menurut tata kelola BSNP, ketua dan sekretaris dipilih dari dan oleh anggota untuk masa bakti satu tahun dan dapat dipilih kembali untuk satu tahun berikutnya. Sebagaimana kita ketahui, anggota BSNP periode tiga ini dikukuhkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 14 Agustus 2014. Oleh karena itu, menjelang habisnya masa bakti tersebut, dilakukan pemilihan ketua dan sekretaris.

Proses pemilihan berjalan dengan kondusif, lancar dan secara mufakat, seluruh anggota menyetujui Zainal A. Hasibuan dan Bambang Suryadi untuk mengemban amanat sebagai Ketua dan Sekretaris untuk satu tahun ke depan dengan beberapa alasan dan pertimbangan.

“Selama satu tahun ini merupakan masa formation period, sehingga diperlukan penguatan organisasi, baik secara internal maupun eksternal”, ungkap salah satu anggota BSNP seraya menambahkan kepemimpinan yang ada perlu dilanjutkan.

Sementara anggota yang lain beranggapan bahwa cara dan ritme kerja antara ketua dan sekretaris selama ini sudah seirama. Ketua telah membangun kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan, sementara sekretaris menangani dan mengkoordinir urusan internal BSNP.

Mengingat tantangan BSNP ke depan sangat riil dan semakin berat, maka memasuki tahun kedua ini, diperlukan kerja keras, cerdas, dan ikhlas. Salah satu caranya adalah dengan mempertahankan sistem kepemimpinan kolektif kolegial dengan meningkatkan komitmen, dedikasi, dan partisipasi dari masing-masing anggota dan staf sekretariat. Meminjan istilah Zaki Su’ud, ibarat bermain sepak bola, BSNP perlu menerapkan strategi total football.

Selamat mengemban amanat. Semoga BSNP pada tahun kedua ini menjadi lebih baik. Amin. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *