BSNP MEMANTAU PELAKSANAAN UN DI DAERAH

Bambang Suryadi (Sekretaris BSNP) didampingi Furqon (kepala Balitbang), Dadang Sudaryanto (Sekretaris Balitbang) dan Nizam (kepala Puspendik) menyampaikan maksud dan tujuan rakor panitia UN tingkat pusat

 

BSNP–Jakarta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai badan independen yang memiliki kewenangan menyelenggarakan Ujian Nasional (UN)  bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah melaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan UN pada hari Rabu (8/4/2015) di Gedung A Kemndikbud.  Hadir dalam acara ini adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Bawesdan dan seluruh anggota Panitia UN Tingkat Pusat, baik dari Kemdikbud maupun Kementerian Agama.

Bambang Suryadi Sekretaris BSNP dalam paparannya  mengatakan bahwa tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap tugas dan tanggungjawab masing-masing bidang dalam kepanitiaan pelaksanaan UN tahun2015.

“Melalui rapat koordinasi ini, kita ingin menyamakan persepsi sekaligus mengecek persiapan pelaksanaan UN sehingga ujian dapat berjalan sesuai dengan POS yang telah kita tetapkan”, ucapnya.

Anggota BSNP, tambahnya, juga akan melaksanakan pemantauan pelaksanaan UN di daerah. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa UN dilaksanakan sesuai dengan rambu-rambu yang ada di dalam POS UN tahun 2015.

“BSNP telah menyiapkan panduan dan instrumen pemantauan serta buku saku tanya jawab seputar UN. Selain itu BSNP juga menyusun petunjuk teknis pelaksanaan UN berbasis komputer (UN-Computer Based Test) yang dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan UN CBT, termasuk penyelesaian masalah”, jelas Bambang.

Menurut Furqon Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pelaksana Ujian Nasional (UN) Tingkat Pusat, pada H-5 soal UN SMA sederajat telah didistribusikan dari provinsi ke  kabupaten/kota. UN SMA sederajat dilaksanakan mulai tanggal 13-15 April 2015 dan UN SMP sederajat dilaksanakan pada tanggal 4-7 Mei 2015. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *