KABALITBANG SERAHKAN HASIL UN SMA SEDERAJAT KEPADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI


Kepala Balitbang, Kemdikbud menyerahkan Sertifikat Hasil Ujian Nasional
tingkat SMA sederajat kepada Ketua UN Provinsi Gorontalo


BSNP–Jakarta
Furqon Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus sebagai Ketua  Pelaksana Ujian Nasional (UN) Tingkat Pusat, menyerahkan hasil UN SMA sederajat kepada Panitia UN Tingkat Provinsi, pada hari Jumat (8/5/2015), bertempat di ruang sidang Puspendik. Turut menyaksikan penyerahan hasil UN tersebut adalah Nizam Kepala Pusat Penilaian Pendidikan dan Bambang Suryadi Sekretaris BSNP.  Penyerahan ini tertunda dua hari, dari tanggal 6 menjadi tanggal 8 Mei 2015, sebab pada tanggal 6 Mei 2015 masih berlangsung UN  untuk SMP sederajat.

“Demi efisiensi waktu, penyerahan hasil UN oleh Kabalitbang dilakukan secara simbolik dengan mempertimbangkan wilayah Barat, Tengah, dan Timur. Untuk wilayah Barat diwakili Dinas Pendidikan Bangka Belitung, wilayah Tengah diwakili Dinas Pendidikan Gorontalo, dan wilayah Timur diwakili Dinas Pendidikan Papua”, ucap Nizam secara menambahkan, untuk wilayah lainnya akan diserahkan oleh petugas dari Puspendik.

Dokumen yang diberikan dalam bentuk Compact Disk yang berisi Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) dan indeks integritas pada level satuan pendidikan. Hasil UN yang diserahkan juga termasuk untuk SMALB dan Program Paket C.

Sebelum penyerahan hasil UN, Nizam menjelaskan indeks integritas berdasarkan hasil analisis pola jawaban siswa. Sekolah/Madrasah yang memiliki indeks integritas tinggi akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Bapak Anies Bawesdan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan penghargaan atau apresiasi kepada satuan pendidikan yang tingkat indeks integritasnya tinggi. Tanggal dan waktu pemberian penghargaan akan ditentukan kemudian”, kata  Nizam.

Untuk sementara waktu, tambah Nizam, indeks integritas ini masih terbatas untuk diketahui secara internal di wilayah masing-masing dinas pendidikan. Bagian yang terpenting dari hasil analisis ini adalah perlunya tindaklanjut dalam bentuk intervensi dan pembinaan dari pemerintah daerah, satuan pendidikan, dan guru-guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Sementara itu, Bambang Suryadi menekankan pentingnya laporan dan evaluasi pelaksanaan UN sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan pada tahun yang akan datang.

“Salah satu tugas Panitia Pelaksana UN Tingkat Provinsi adalah membuat laporan dan evaluasi pelaksanaan UN di masing-masing daerah. Mohon ditulis juga usulan untuk perbaikan pelaksanaan UN ke depan”, ucap Bambang.

Bambang juga menepis berita yang beredar di stasiun televisi swasta terkait dengan pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan untuk  SMA sederajat.

“Pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan untuk SMA sederajat dilakukan secara serentak pada tanggal 15 Mei 2015, sesuai dengan POS UN yang ditetapkan BSNP. Jika ada berita yang  beredar pengumunan di luar tanggal tersebut, berita itu tidak benar. Sebab tanggal pengumuman tersebut sangat terkait dengan penulisan SHUN dan ijazah”, jelasnya. (BS)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *