UNIVERSITAS HONGKONG TERIMA NILAI UN

BSNP-Jakarta… Universitas Hongkong menerima nilai Ujian Nasional (UN)  sebagai persyaratan masuk perguruan tinggi bagi mahasiswa dari Indonesia dengan standar nilai 8.5 untuk setiap mata pelajaran. Penerimaan ini merupakan bentuk pengakuan internasional sekaligus sebagai bukti nyata pentingnya UN dalam sistem pendidikan nasional.  Minat siswa lulusan SMA sederajat dari Indonesia untuk masuk ke perguruan tinggi terkemuka tersebut semakin bertambah dalam beberapa tahun terakhir ini.

Demikian salah satu catatan penting dari audiensi empat orang perwakilan dari Universitas Hongkong dengan anggota BSNP pada hari Jumat (16/1/2015) di Jakarta. Keempat orang tersebut adalah Prof. John A. Spinks, Direktur Pendaftaran Program S1 dan Pertukaran Mahasiswa Internasional,  Prof. W.S. Cheung, Bagian Pengembangan dan Hubungan Luar Negeri,   Dr. H.J. Pam, dosen Fakultas Teknik, dan   Geneva Damayanti, Manajer Program dan Penerimaan Mahasiswa. Turut hadir dalam acara ini adalah Nizam Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta tiga orang Kepala Bidang.

“Mengingat semakin banyaknya calon mahasiswa dari lulusan SMA sederajat di Indonesia, kami dari  Universitas Hongkong ingin tahu lebih banyak tentang system penilaian di Indonesia”, ungkap John A. Spinks seraya menambahkan bahwa prestasi mahasiswa Indonesia di Universitas Hongkong cukup bagus dibandingkan dengan mahasiswa dari negara-negara lain.

Menurut John A. Spinks, selain menggunakan hasil UN, calon mahasiswa dari Indonesia juga ada yang menggunakan nilai ujian dari  lembaga pengujian internasional seperti Cambridge Examination Body.

Sementara itu, Geneva Damayanti menyebutkan bahwa  setiap tahun  jumlah pendaftar dari Indonesia mencapai 100 sampai 200 orang. Mereka berasl dari berbagai sekolah, negeri dan swasta, di Indonesia dan sebagian besar dari  mereka menggunakan nilai UN.

Menurut Zainal A. Hasibuan Ketua BSNP, penerimaan tersebut merupakan pengakuan internasional terhadap nilai UN.  Dengan adanya pengakuan ini, eksistensi UN di tingkat internasional semakin kuat. (BS)

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *