UJI PUBLIK DRAF STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TAHAP II DAN III SUKSES DILAKSANAKAN

 

uji publik
BSNP sukses melaksanakan Uj publik draf standar nasional pendidikan dan pengumpulan data untuk evaluasi pencapaian standar nasional pendidikan tahap II dan III, masing-masing dilaksanakan di 8 provinsi pada tanggal 15-17 Oktober 2014 dan tanggal 19-21 Oktober 2014. Ujipublik tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 10-12 Oktober 2014.
Tujuan ujipublik  adalah untuk mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan terkait dengan kesesuaian dan kelayakan draf standard nasional pendidikan yang dikembangkan oleh BSNP.

Uji publik kali ini meliputi lima draf  standar nasional pendidikan, yakni standard pendidikan jarak jauh, standard akademi komunitas, standar nasional pendidikan guru, standard pendidikan anak usia dini, dan standar pendidikan khusus dan layanan khusus.
Selain lima standar tersebut, juga dilakukan pengumpulan data untuk evaluasi pencapaian tiga  standar nasional pendidikan, yakni standar pendidik, standar sarana dan prasarana, serta standar pembiayaan.

Kedelapan wilayah yang dijadikan tempat ujipublik tahap II adalah Riau, Batam, Bengkulu, Sumatera Barat, kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan NTB. Sedangkan uji public tahap III dilaksanakan di Bali, Aceh, Sumatera Utara, Maluku, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.
Di masing-masing wilayah, BSNP melibatkan 17 orang yang meliputi  anggota, tim ahli, dan tim sekretariat. Sedangkan jumlah responden yang di undang adalah  90 orang. Diantaranya adalah dosen, kepala sekolah, guru, siswa, praktisi, dewan pendidikan. Asosiasi profesi, dan anggota DPRD. Dalam pelaksanaannya, BSNP bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat. (BS)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *